Merintis Waralaba Holcim Beton

15 07 2009


Herdaru Purnomo – detikFinance


Foto: Holcim

Jakarta – Anak perusahaan PT Holcim Indonesia Tbk yaitu PT Holcim Beton (Holcim Beton) menawarkan usaha waralaba bagi industri beton di Indonesia. Investasi yang dibutuhkan untuk memulai usaha waralaba ini adalah sebesar Rp 3,5 miliar.

Dengan investasi sebesar itu, investor bisa memulai produksi beton sebanyak 24.000 m3 per tahun. Tak hanya itu, Holcim juga menyediakan dukungan tenaga ahli yang akan membantu berjalannya bisnis beton tersebut.

“Kami yakin konsep waralaba ini akan sangat menguntungkan bagi para investor,” ujar Presiden Direktur Holcim Beton Derek Williamson dalam acara penandatanganan kesepakatan kerjasama dengan investor CV Alfa Omega di Menara Jamsostek, Jakarta, Selasa (09/06/2009).

Sedangkan untuk biaya bergabung (join fee), investor akan ditarik Rp 150 juta untuk 5 tahun serta 2 persen dari penjualan bersih.

Ia mengatakan, pasar beton di Indonesia sangat potensial dan terus berkembang seiring dengan pesatnya pasar semen curah saat ini kebanyakan telah dikonversi menjadi beton.

“Seperti di Thailand, dari 77 batching plant Holcim Thailand, sekitar 22 dikelola dengan konsep waralaba,” tuturnya.

Derek menjelaskan jika dibandingkan dengan Thailand yang kondisi ekonominya hampir sama dengan Indonesia, pasar bisnis beton di Indonesia masih relatif lebih besar.

“Total kebutuhan beton di Indonesia mencapai 22,2 juta m3 per tahun,” tukasnya.

Konsep bisnis waralaba ini, lanjut Derek, merupakan inovasi dari Holcim Beton sebagai upaya untuk memperkuat posisinya dipasar. “Sebelumnya kami telah meluncurkan MiniMix, truk mixer kecil yang menjangkau lokasi-lokasi terpencil dan pada tahun 2008 juga kami telah memantapkan pasar kami di Jawa Timur dengan mengakuisisi RCI, sebuah perusahaan beton jadi,” paparnya.

Di tempat yang sama, Business Development Manager Holcim Beton Bambang Cahyadi mengatakan bahwa di Indonesia sendiri memiliki beberapa batching plant. “Ada 12 di Jabodetabek, 7 di Surabaya dan 6 di beberapa lokasi proyek pembangunan yang bekerja sama dengan Holcim,” tuturnya

Bisnis waralaba Holcim beton ini akan memfokuskan ekspansinya di daerah Semarang, Jogja, Lampung dan daerah di pulau Jawa.

“Hal ini dikarenakan di beberapa pulau Jawa yang memang pertumbuhan pembangunannya cukup maju dengan pesat namun belum banyak yang mempunyai suatu pabrik produksi Beton,” jelasnya.

(dru/lih)

About these ads

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.581 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: