Tanaman Pengusir Nyamuk

13 08 2009
Berikut ini tanaman yang berkhasiat mengusir nyamuk. Aman untuk penghuni rumah dan murah.
Selasa, 4 Agustus 2009, 11:23 WIB
Petti Lubis

VIVAnews - Nyamuk merupakan ‘musuh’ penghuni rumah di segala musim. Tak heran jika di pasaran banyak dijual produk antinyamuk. Seperti spray, alat pengusir nyamuk bakar, lotion antinyamuk dan penghalau nyamuk elektrik.

Produk-produk tersebut memang cukup efektif menghalau serangga pengganggu ini. Namun, Anda perlu memperhatikan dengan seksama penggunaan pada kemasannya agar tidak menimbulkan efek samping yang merugikan.

Namun, jika khawatir dengan bahan kimia yang terkandung di dalamnya, Anda bisa mencoba cara mengusir nyamuk secara alami. Yaitu, dengan meletakkan tanaman-tanaman ini di rumah Anda. Berikut ini tanaman yang berkhasiat mengusir nyamuk yang aman untuk penghuni, plus harganya tidak mahal.

- Zodia (Evodia suaveolens). Tanaman ini memiliki aroma yang harum, terutama jika daunnya bergesekan saat ditiup angin. Aroma ini tidak disukai nyamuk. Tempatkan 1-2 pot dalam ruangan. Jangan terlalu banyak, belum tentu semua orang menyukai atau tahan terhadap aromanya.

- Geranium (Pelargonium sitrosa). Tanaman ini sebenarnya bukan tanaman dalam rumah, tapi bisa dijadikan tanaman indoor untuk mengusir nyamuk. Tempatkan di dekat jendela sehingga aromanya terbawa angin mengarah ke dalam ruangan.

- Rosemary (Rosmarinus officinalis). Tempatkan tanaman ini di pekarangan atau di dalam ruangan. Letakkan di dekat gantungan baju atau lemari tempat banyak nyamuk bertengger.

- Tanam tagetes atau bunga tahi kotok (Tagetes patula) di sekitar halaman Anda. Nyamuk juga serangga terbang lainnya akan pergi menghindari aroma tanaman ini.

• VIVAnews

About these ads

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.781 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: