KUR tanpa jaminan siap diluncurkan

24 08 2010

JAKARTA. Pemerintah memastikan kredit usaha rakyat (KUR) tanpa jaminan yang batas atasnya dinaikan menjadi Rp 20 juta bisa segera diakses. Saat ini sudah ada 6 bank pemerintah dan 13 bank pembangunan daerah (BPD) siap menyalurkan KUR itu.

Menteri Negara Koperasi dan UKM, Sjarifuddin Hasan mengatakan 6 bank pemerintah itu adalah Mandiri, BNI, BRI, BTN, Mandiri Syariah, Bukopin. Saat ini, pihaknya sedang menyiapkan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (Mou) dengan perbankan. “Mungkin minggu ini kita tandatangani MoU dengan perbankan,” katanya sebelum sidang kabinet paripurna di kantor kepresidenan, Selasa (24/8).

Sjarifuddin menambahkan, Menteri Koordinator Perekonomian (Menko Perekonomian) nantinya yang akan menandatangani MoU. Sebab,kata dia, Menko Perekonomian sebagai Ketua Kebijakan KUR. “Jadi tidak perlu SK Menteri Keuangan,” katanya.

Dalam MoU itu, nilai KUR tanpa jaminan boleh sampai Rp 20 juta. Selain itu, rasio jaminan pemerintah dinaikan dari sebelumnya 70%-30% menjadi 80%-20%.

About these ads

Aksi

Information




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.782 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: