Mudah Membuat Website Menggunakan CMS(Content Management Systems)

5 08 2011

Mudah Membuat Website Menggunakan CMS(Content Management Systems) ImageMungkin bagi sebagian orang membuat website merupakan sesuatu yang sulit. Ya, karena mereka menganggap untuk membuat website yang sesuai keinginan harus menguasai pemrograman web serta pengetahuan tentang database.

Namun sekarang semua anggapan itu tidak sepenuhnya benar, karena sekarang anda dapat membuat website tanpa harus menguasai serta memahami tentang pemrograman web serta database. Dengan adanya content management systems atau yang biasa di singkat CMS, anda tidak perlu lagi untuk pusing-pusing memahami pemrograman web serta database. Karena dengan adanya CMS anda cukup fokus dalam pemeliharaan content atau isi dari website anda.

Apakah anda di haruskan mengeluarkan uang untuk menggunakannya? Untuk masalah biaya serta lisensi, anda tidak perlu khawatir, karena cukup banyak cms-cms yang bersifat free serta open source, yang artinya kita bebas menggunakannya tanpa harus mengeluarkan biaya sepeser pun. CMS yang akan kita bahas adalah CMS yang di buat menggunakan bahasa pemrograman PHP, untuk bahasa pemrograman seperti .NET ataupun Java akan kita bahas di lain waktu.

CMS yang akan kita bahas adalah CMS yang di peruntukkan membuat website semacam company profile, personal, blog, ataupun portal. Berikut ini adalah beberapa CMS (Content Management System) yang cukup powerfull untuk digunakan dan anda bebas untuk menggunakannnya.

  • Joomla

Mudah Membuat Website Menggunakan CMS(Content Management Systems) Image

Joomla merupakan salah satu CMS yang paling tua serta yang paling banyak di gunakan, walaupun di awal-awal perkembangannya, CMS ini sangat rentan sekali terkena serangan hacking, sifatnya yang open source membuat banyak ‘bugs’ yang terkadang tidak di report dengan cepat. Namun sekarang CMS ini sudah cukup matang, baik itu dari segi security maupun dukungan lainnya seperti plugins, templates serta component-component yang tersedia baik yang gratis maupun yang berbayar. Untuk lebih lengkapnya, anda dapat mengunjungi Homepage Joomla

  • Drupal

Mudah Membuat Website Menggunakan CMS(Content Management Systems) Image

Drupal juga merupakan salah satu CMS yang banyak di gunakan. Persaingan antara CMS Joomla dengan CMS Drupal hampir terjadi setiap tahunnya untuk memperebutkan CMS terbaik. Drupal sendiri memiliki learning curve yang lebih sulit dibanding dengan CMS Joomla, namun bagi anda yang telah memiliki pemahaman tentang pemrograman web serta database, hal itu tidaklah terlalu sulit. Anda dapat mengunjungi situsnya untuk mendapatkan info lebih lengkap mengenai CMS Drupal ini.

Mudah Membuat Website Menggunakan CMS(Content Management Systems) Image

WordPress lebih dikenal dikalangan blogger dengan alamat wordpress.com, padahal wordpress mempunyai CMS yang dapat kita gunakan untuk membuat website. Seperti halnya dengan Drupal serta Joomla, perkembangan wordpress akhir-akhir ini semakin baik dan matang, dengan dukungan themes serta plugins yang memudahkan orang untuk meng-customize websitenya sesuai dengan keinginan tanpa harus menguasai pemrograman web. Anda dapat berkunjung ke situs wordpress untuk mendapatkan info lebih lengkap tentang wordpress.

Sebenarnya masih banyak cms-cms yang tersedia secara gratis, namun menurut saya cms-cms diatas merupakan cms yang paling banyak digunakan untuk membuat sebuah website. Satu hal yang harus anda ingat, tidak ada sistem yang 100% aman, yang tidak rentan terhadap serangan. Jadi saat website anda terkena hack, jangan salahkan kalau cms tersebut tidak aman, anda harus sering-sering melakukan update, agar seminimal mungkin terkena serangan hack. Semoga Bermanfaat !!

About these ads

Aksi

Information




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.781 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: