Tips Membuat Tulisan Arab, Mandarin, Jepang di Facebook

11 08 2011

Tips Membuat Tulisan Arab, Mandarin, Jepang di Facebook ImageAnda mungkin pernah melihat nama teman, status, comment, notes dan tulisan lain di facebook teman anda menggunakan huruf selain huruf latin seperti huruf arab, china, jepang. Bagi yang sudah kenal lama dengan internet, anda sudah pasti tahu caranya.

Tidak perlu menginstall software atau program untuk melakukannya karena kita hanya membutuhkan search engine Google. Namanya adalah Google Translate, layanan dari google yang bisa anda manfaatkan untuk menerjemahkan bahasa.

Caranya, buka http://translate.google.co.id, pada bagian dari pilih Bahasa Indonesia dan pada bagian ke pilih Arab. Lanjutkan dengan mengetikkan beberapa kata atau kalimat ke dalam form yang tersedia. Selalu ingat, harus menggunakan bahasa Indonesia baku dan jangan menggunakan bahasa gaul karena Google tidak akan dapat menerjemahkannya ke dalam bahasa yang kita inginkan.

Tips Membuat Tulisan Arab, Mandarin, Jepang di Facebook Image

Selanjutnya, klik tombol Terjemahkan. Lihat pada bagian kanan, kata atau kalimat tersebut sudah menjadi bahasa arab. Anda bisa mengkopikannya ke dalam status, nama atau tulisan lain di facebook.

Tips Membuat Tulisan Arab, Mandarin, Jepang di Facebook Image

Jika ingin menggunakan bahasa yang lain seperti China atau Jepang, pilih bahasa pada bagian ke di Google Translate.

Tips Membuat Tulisan Arab, Mandarin, Jepang di Facebook Image

Sangat mudah bukan?

Tetapi, harap diingat, bahasa adalah sebuah seni, anda mungkin akan mendapatkan grammar yang kurang cocok untuk dibaca jika menggunakan Google Translate. (Teori tradisional masih berlaku) Cara terbaik untuk mendapatkan grammar yang sempurna dari sebuah bahasa adalah dengan cara mempelajari bahasa yang bersangkutan.

About these ads

Aksi

Information




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.780 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: