Agustus E-Ticketing Berlaku untuk Kereta Api Commuter

8 11 2009
Menteri Perhubungan, Jusman Syafi’i Djamal (kiri) bersama Menteri Negara BUMN, Sofyan Djalil (kanan) berdialog dengan penumpang usai meresmikan beroperasinya Commuter Jabotabek di Stasiun Tanjung Barat, Jakarta Selatan, Selasa (19/5).


JAKARTA, KOMPAS.com — PT KAI Commuter Jabodetabek akan memberlakukan electronic ticketing atau e-ticketing secara bertahap mulai Agustus mendatang. Penjualan tiket secara manual, sebagaimana berlaku selama ini, secara bertahap pula akan dihapus. Untuk memuluskan pelaksanaan program e-ticketing tersebut PT KAI Commuter bekerja sama dengan lima bank, yaitu Bank Mandiri, Bank BNI, Bank DKI, Bank BRI, dan Bank BCA.

Direktur Utama PT KAI Commuter Kurniadi Atmosasmito mengatakan hal itu pada acara peresmian pendirian PT KAI Commuter Jabodetabek di Stasiun Tanjung Barat, Jakarta Selatan, Selasa (19/5). Pada saat itu juga, PT KAI Commuter menandatangani MoU (nota kesepahaman kerja sama) dengan kelima bank tersebut. PT KAI Commuter merupakan anak perusahaan PT KA Persero yang secara khusus menangani kereta rel listrik (KRL) Jabodetabek yang selama ini ditangani oleh Divisi KRL Jabotabek.

Kurniadi Atmosasmito seusai acara menjelaskan, e-ticketing akan berupa smartcard yang multifungsi. “Nanti kartu itu bisa digunakan untuk membeli tiket kereta api tetapi juga bisa digunakan untuk membeli hal lain,” kata Direktur Keuangan PT KAI Commuter Ignatius Tri Handoyo.

Dengan program e-ticketing ini, pihak PT KAI Commuter berharap tidak ada lagi orang yang naik kereta tanpa bayar. “Stasiun kereta api akan menjadi stasiun yang tertutup. Untuk masuk dan keluar orang harus melalui pintu tertentu. Kami akan buat sedemikian rupa sehingga orang tidak bisa masuk ke dalam stasiun kalau tidak punya tiket. Orang juga tidak bisa keluar dari stasiun kalau tidak punya tiket. Yang ketahuan tidak punya tiket akan didenda,” kata Direktur Teknik PT KAI Commuter Subagijo.

PT KAI Commuter secara bertahap juga akan membenahi stasiun-stasiun yang ada. Tahun ini ada 12 stasiun tengah direnovasi. Sejauh ini baru Stasiun Tanjung Barat yang sudah selesai direnovasi. Stasiun ini sekarang dilengkapi fasilitas CCTV dan layar LCD TV yang memperlihatkan posisi kereta, serta siap menerapkan program e-ticketing.

About these ads

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.581 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: